tag:blogger.com,1999:blog-2667415379457380129.post2235548180630027681..comments2023-11-30T19:04:08.137+08:00Comments on PELANGI KASIH MINISTRY: TRIKOTOMI ATAU DIKOTOMI?PELANGI KASIH MINISTRYhttp://www.blogger.com/profile/09994303648146028236noreply@blogger.comBlogger10125tag:blogger.com,1999:blog-2667415379457380129.post-40696430990025443482013-08-29T15:13:10.704+08:002013-08-29T15:13:10.704+08:00Leo Soru Uros
Pdt...mana yang bisa masuk Surga , ...Leo Soru Uros<br /><br />Pdt...mana yang bisa masuk Surga , yang meyakini trikotomi atau dikotomi ?<br /><br /><br />China, YunAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2667415379457380129.post-42820107509331374642012-07-30T13:04:20.944+08:002012-07-30T13:04:20.944+08:00Iskak s. semarang 30juli2012
Terima kasih bapak Pe...Iskak s. semarang 30juli2012<br />Terima kasih bapak Pendeta atas jawaban bapak pada pertanyaan kami masalah Dikotomo{DKT} dan Trikotomi{TRK}. Jawaban bapak dapat kami kelompokkan dalam dua kelompok yang pertama poin 1-4 dan yang kedua poin 5 -6.<br />Kelompk pertma beri penjelasan tentang kebenaran DKT dengan menganalisa Meriso' dan pemahaman John Murray bahwa "both joint and marrow penekannya pada completeness {=keseluruhan} adalah body / tubuh {1 benda/hal}." Karena itu kami melihat perbedaan yangsangat lebar/luas antara cara pandang DKT dan cara pandang TRK.<br />a. Untuk emahami perbedaan/persamaan JIWA dan ROH. DKT justru mengupas makna Meriso bukan mengupas kata Jiwa maupun Roh. Sedangkan TRK mengulas memalui pemahaman apa kata Firman yang ada diAlkitab orang Kristen. Firman-firman yang dapat memberikan penjelasan TRK sebut sebagai Firman Kunci.<br />b. Karena hanya mengupas kata Meriso DKT kemungkinan besar tidak indahkan firman di Korintus maupun Timotius yang TRK sebutsebagai Kaidah Korintus / Timotius. Karena TRK menggunkan pendekatan Firman Kunci yang bisa terdiri dari 3 atau 4 firman malah bisa 10 atau lebih maka Kaidah Korintus /Timotius terpenuhi.<br />c. Karena untuk memahami perbedaan/persamaan JIWA dan ROH yang dibahas justru Merizo, maka tercermin dari jawaban DKT kelompok dua bahwa DKT tidak mengenal pengertian material dan immaterial sebagai penyusun makluk hidup manusia.Dari Firman-firman kunci yang dikenal TRK terungkap secara jelas mskna materil dan immaterial penyusun makluk hidup manusia.<br />d. Untuk memahami perbedaan/persamaan kata/istilah/terminologi Medis/Biologi DKT mengandalkan pendapat John Murray, tanpa pembanding pendapat orang lain. Pendapat bahwa sendi dan sumsum penekannya pada body/tubuh pasti akan mencengangkan orang-orang Kristen yang dikarunia talenta bidang Medis ataupun Biologi.Apakah kata-kata diAlkitab orang Kristen hanya boleh dimengerti oleh Rohaniawan/Theolog/Pendeta/Evangelis saja? Apakah kata/istilah/terminologi baik Medis/Biologi yang tertulis di Alkitab orang Kristen tersebut malah justru sesuai dengan CiptaanNYA?.Dan bagian-bagian tubuh makluk hidup manusia telah dibakukan istilah-istilahnya oleh orang-orang yang diberiNYA talenta Medis/Biologi, sehingga tiap kata/istilah/terminologi pasti memiliki makna yang berbeda. Akan menjadi rumit dan sulit bila tubuh di Tes.2:23 dimaknai sendi dan sumsum saja. Demikian pula akan menjadi rumit dan sulit untuk dapat dimengerti bila kisah kejatuhan Ibu Hawa dan Bapa Adam {Kej.3:1-8} "tubuh' Ibu Hawa yang dapat memetik buah larangan TUHAN hanya sendi dan sumsum, atau "tubuh" Bapa Adam yang bisa bersembunyi diantara pohon-pohon hanya sebgai sendi dan sumsum. Karenanya TRK memaknai semua kata/istilah/terminologi Media/Biologi yang tertulis di Alkitab orang Kristen adalah sesuai dengan ciptaanNYA.<br />Karena adanya perbedaan cara pandang yang sangat luas tersebut Bapak, maka kami putuskan untuk tidak kami teruskan diskusi ini. Lagi pula semua yang kami paparkan telah kami tuliskan dalam sebuah buku kecil dengan judul "BAGAIMANA PEMAHAMAN ANDA? ISU-ISU ROHANI KRISTEN. Yang kami harap tak lama lagi dapat beredar.<br />Selamat bekerja Bapak Pendeta dan selamat melaksanakan tugas-tugas mulia yang telah terprogram Semoga TUHAN YESUS KRISTRUS selalu menuntun, melindungi dan memenuhi kita dengan ROH KUDUS. Amie. Iskak s. Semarang akhir juli2012.iskak s. semarangnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2667415379457380129.post-79961196342486300202012-06-19T00:11:50.609+08:002012-06-19T00:11:50.609+08:003.Mohon maap bapak Pendeta. Kesasn kami bapak Pend...3.Mohon maap bapak Pendeta. Kesasn kami bapak Pendeta seperti tidak/kurang serius memahami firman di Mat.10:16, sehingga terkesan bapak Pendeta tidak/belum menggunakan seluruh talenta kepandaian, pengetahuan maupun hikmat yang TUHAN telah berikan pada bapak. Sehiungga bapak tidak dapat/tidak mau/tidak mengerti makna terdalam dari kata-kata di Alkitab. Sebagai contoh yang bapak tuliskan bapak tidak dapat membedakan kata rupa dan gambar. Padahal jelas kedua kata itu memiliki makna terdalam yang sangat-sangat berbeda.<br /><br />Mat 10:(16) Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.<br /><br />Apa hubungan ayat ini dengan dikotomi / trikotomi?PELANGI KASIH MINISTRYhttps://www.blogger.com/profile/09994303648146028236noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2667415379457380129.post-36663170503903399412012-06-19T00:10:07.981+08:002012-06-19T00:10:07.981+08:002. Seperti Bapak Pendeta di gereja kami , bapak ju...2. Seperti Bapak Pendeta di gereja kami , bapak juga mencampur adukan pengertian material dengan immaterial untuk memahami Dikotomi/Trikotomi. Karena itu pertanyaan kami bagaimana pemahan bapak atas material dan immaterial secara Alkitab maupun Teologia?<br /><br />Matreial apa dan immateril apa?PELANGI KASIH MINISTRYhttps://www.blogger.com/profile/09994303648146028236noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2667415379457380129.post-2976979600672925192012-06-19T00:09:27.569+08:002012-06-19T00:09:27.569+08:00c) Penekanan / arti Ibr 4:12: Firman Tuhan menyeli...c) Penekanan / arti Ibr 4:12: Firman Tuhan menyelidiki kita secara menyeluruh / mendetail sehingga tidak ada bagian diri kita yang tidak terkena. Ini cocok dengan kontex, karena Ibr 4:13 berbunyi: “Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapanNya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepadaNya kita harus memberikan pertanggungan jawab”.<br /><br />Pada waktu John Murray membahas 1Tes 5:23, ia berkata: “It is in accord with the usage of Scripture to employ an accumulation of terms to express completeness (cf. Mark 12:30; Heb. 4:12)” [= Ini sesuai dengan penggunaan Kitab Suci yang memakai kumpulan istilah-istilah untuk menyatakan keseluruhan (bdk. Mark 12:30; Ibr 4:12)] - ‘Collected Writings of John Murray’, vol II, hal 31.<br /><br />Jadi, Ibr 4:12 dijadikan contoh oleh John Murray. Jelas bahwa ia berpendapat bahwa dalam Ibr 4:12pun penekanannya adalah pada ‘completeness’ (= keseluruhan).PELANGI KASIH MINISTRYhttps://www.blogger.com/profile/09994303648146028236noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2667415379457380129.post-66744431464175172092012-06-19T00:09:10.600+08:002012-06-19T00:09:10.600+08:003. Kesimpulan: ‘memisahkan jiwa dan roh’ dalam Ibr...3. Kesimpulan: ‘memisahkan jiwa dan roh’ dalam Ibr 4:12 tidak mungkin berarti bahwa ‘jiwa’ dan ‘roh’ adalah 2 hal yang berbeda, tetapi sebaliknya harus diartikan bahwa ‘jiwa’ dan ‘roh’ adalah satu hal yang sama, atau bahwa ‘jiwa’ sama dengan ‘roh’.<br /><br />b) ‘sendi-sendi dan sumsum’.<br />Ibr 4:12: ‘memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum’.<br />Bukankah ‘sendi-sendi’ dan ‘sumsum’ adalah 2 hal yang berbeda?<br />Penjelasan:<br /><br />1. Perhatikan bahwa tidak dikatakan ‘tulang dan sumsum’, tetapi ‘sendi dan sumsum’ (tulang berbatasan langsung dengan sumsum, tetapi sendi tidak).<br /> John Murray mengambil kesimpulan sebagai berikut: “So obviously, the thought is not that of getting in between to separate, but that these are the most inaccessible parts of our physical frame and illustrate the piercing power of the Word when by a metaphor, it is said to be sharper than a two-edged sword” (= Jadi jelaslah bahwa pemikirannya bukanlah masuk di antaranya untuk memisahkan, tetapi bahwa hal-hal ini adalah bagian-bagian yang paling tidak bisa dimasuki dari kerangka fisik kita dan mengilustrasikan kekuatan menusuk dari Firman yang dengan suatu kiasan dikatakan lebih tajam dari pedang bermata dua) - ‘Collected Writings of John Murray’, vol II, hal 31.<br /> <br />2. Terjemahan hurufiah dari bagian ini adalah: ‘division of soul and spirit, of both joints and marrows’.<br />Pada saat berbicara tentang ‘sendi dan sumsum’, ada kata ‘both’ (= keduanya). Kata ‘both’ ini tidak dipakai pada waktu berbicara tentang ‘jiwa dan roh’. Mengapa? Karena kata ini bertujuan untuk mempersatukan ‘sendi’ dan ‘sumsum’ sehingga yang dimaksud dengan ‘both joints and marrows’ adalah ‘body / tubuh’ (1 benda / hal). Pada waktu berbicara tentang ‘jiwa dan roh’, kata ‘both’ ini tidak perlu (bahkan tidak boleh ada) karena ‘jiwa’ sama dengan ‘roh’.PELANGI KASIH MINISTRYhttps://www.blogger.com/profile/09994303648146028236noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2667415379457380129.post-73746299066146551652012-06-19T00:08:54.015+08:002012-06-19T00:08:54.015+08:002. Sedangkan kata kerjanya, yaitu MERIZO, muncul 1...2. Sedangkan kata kerjanya, yaitu MERIZO, muncul 14 x dalam Perjanjian Baru, yaitu dalam:<br />• Mat 12:25 (2x) diterjemahkan ‘terpecah-pecah’.<br />• Mat 12:26 diterjemahkan ‘terbagi-bagi’.<br />• Mark 3:24 diterjemahkan ‘terpecah-pecah’.<br />• Mark 3:25 diterjemahkan ‘terpecah-pecah’.<br />• Mark 3:26 diterjemahkan ‘terbagi-bagi’.<br />• Mark 6:41 diterjemahkan ‘dibagi-bagikan’.<br />• Luk 12:13 diterjemahkan ‘berbagi’.<br />• Ro 12:3 diterjemahkan ‘dianugerahkan’.<br />• 1Kor 1:13 diterjemahkan ‘terbagi-bagi’.<br />• 1Kor 7:17 diterjemahkan ‘ditentukan’.<br />• 1Kor 7:34 diterjemahkan ‘terbagi-bagi’.<br />• 2Kor 10:13 diterjemahkan ‘dipatok’.<br />• Ibr 7:2 diterjemahkan ‘memberikan’.<br /><br />Kadang-kadang arti kata MERIZO ini adalah ‘to distribute’, ‘to impart’ (= membagikan, memberikan), seperti dalam Ro 12:3 1Kor 7:17 2Kor 10:13. Dalam contoh-contoh yang lain, kata ini mengandung arti pemisahan. Tetapi tidak pernah menunjuk pada pemisahan antara satu benda / hal dengan benda / hal yang lain. Sebaliknya, kata ini selalu menunjuk pada pemisahan di dalam satu benda / hal, seperti dalam Mark 3:24,25,26).PELANGI KASIH MINISTRYhttps://www.blogger.com/profile/09994303648146028236noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2667415379457380129.post-44962490131463843592012-06-10T13:37:26.176+08:002012-06-10T13:37:26.176+08:00Bp.Pdt. Esra Alfred Soru STh.,MPdk yth.
Mohon maap...Bp.Pdt. Esra Alfred Soru STh.,MPdk yth.<br />Mohon maap bapak Pendeta pada komentar kami 23Mei2012 kami telah salah menuliskan nama bapak sehingga kelebihan satu hurup a.<br />Disamping itu ada kesalahan ketik juga yang sangat mengganggu di alinea pertama yang tertulis ....kami dengan di GKI.... yang benar adalah .....kami dengar di GKI....<br />Semoga bapak Pendeta berkenan membalas pertanyaan-pertanyaan kami. Terima kasih. semarangAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2667415379457380129.post-41581588873528474102012-05-23T10:46:52.014+08:002012-05-23T10:46:52.014+08:00Bp.Pdt.Esra Alfared Soru STh.,MPdk.yth.
Apa yang b...Bp.Pdt.Esra Alfared Soru STh.,MPdk.yth.<br />Apa yang bapak Pendeta tulis ini seperti yang telah kami dengan di GKI kami di Semarang yaitu bahwa yang benar adalah Dikotomi, manusia hanya terdiri dari dua komponen tubuh dan Roh. Kami sendiri menyakini bahwa yang benar adalah Trikotomi. Karenanya kami ingin bertanya pada bapak Pendeta beberapa hal yang berhubungan dengan pemahaman Dikotomi bapak maupun yang telah bapak tulis di internet ini :<br />1. Untuk Ibr.4:12. Kalau bapak berkeyajkinan bahwa jiwsa sama dengan Roh, apakah sendi dan sumsum yang tertulis i Ibr.4:12 tersebut juga bapqak yakini sebagai dua pengertian yang sama?<br />2. Seperti Bapak Pendeta di gereja kami , bapak juga mencampur adukan pengertian material dengan immaterial untuk memahami Dikotomi/Trikotomi. Karena itu pertanyaan kami bagaimana pemahan bapak atas material dan immaterial secara Alkitab maupun Teologia?<br />3.Mohon maap bapak Pendeta. Kesasn kami bapak Pendeta seperti tidak/kurang serius memahami firman di Mat.10:16, sehingga terkesan bapak Pendeta tidak/belum menggunakan seluruh talenta kepandaian, pengetahuan maupun hikmat yang TUHAN telah berikan pada bapak. Sehiungga bapak tidak dapat/tidak mau/tidak mengerti makna terdalam dari kata-kata di Alkitab. Sebagai contoh yang bapak tuliskan bapak tidak dapat membedakan kata rupa dan gambar. Padahal jelas kedua kata itu memiliki makna terdalam yang sangat-sangat berbeda.<br />Terima kasih atas perhatian bapak. TUHAN YESUS KRISTUS menuntun kita selalu. Amin. iskak s.h. Semarangwlo_pwddhttp://www.yahoo.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2667415379457380129.post-3516778888692442662011-11-17T11:30:55.790+08:002011-11-17T11:30:55.790+08:00Allah yg tertulis di Alkitab adalah ALLAH Yang Mah...Allah yg tertulis di Alkitab adalah ALLAH Yang Maha Dahsyat, mau turun menjadi manusia biasa. Pribadi yang luar biasa, pencipta langit dan bumi termasuk petir-petir yang menggelegar, mau mendamaikan anda dan saya dengan diriNYA<br />sendiri agar kita SELAMAT dan mendapat HIDUP KEKAL di Surga oleh Kasih Karunia Nya saja.<br /><br />SUNGGUH TIDAK TERBAYANGKAN..SUNGGUH TIDAK TERSELAMI JALAN-JALANNYA..<br />APA YANG ALLAH BAPA PERBUAT UNTUK HIDUP MANUSIA YANG BERDOSA INI.Kasih Terang-MU Bersinarhttp://terangmubersinar.blogspot.com/noreply@blogger.com