Pada tanggal 1 Juni 2012 yang lalu Pdt. Dr. Suhento Liauw mengadakan acara seminar "ESKATOLOGI" di Surabaya di mana seminar ini juga dihadiri oleh Pdt. Budi Asali, M. Div.
Berikut ini adalah catatan dan tanggapan Pdt. Budi Asali terhadap hal-hal yang dibicarakan Suhento vLiauw dalam seminarnya :
Dalam seminar itu Suhento Liauw mengajarkan hal-hal
ini:
1) Seminar berhubungan dengan
pengetahuan / pikiran, kalau KKR hanya dengan perasaan. Karena itu dia buat
seminar, bukan KKR.
Tanggapan
Budi Asali:
Omong
kosong, semua tergantung siapa yang berkhotbah dalam seminar atau KKR itu.
Kalau yang berkhotbah memang adalah orang-orang yang senang mengobarkan emosi,
baik KKR ataupun seminar akan berhubungan dengan perasaan saja. Sebaliknya kalau
yang berkhotbah adalah orang-orang yang memang menekankan pendidikan dan
pengajaran, maka baik KKR maupun seminar akan berhubungan dengan pikiran dan
memberikan pengetahuan.
2) Kalau ada free will - harus
ada pilihan, berbuat dosa atau berbuat baik.
Tanggapan
Budi Asali:
Jawaban
tentang kebodohan ini tidak saya berikan di sini karena ini berhubungan dengan
debat tanggal 24 Agustus 2012 antara Esra + saya vs Steven Liauw + partnernya.
Saya tak mau tunjukkan ‘senjata’ saya sebelum debat tanggal 24 Agustus itu
terlaksana.
3) Ia percaya komandan setan
namanya Lucifer.
Tanggapan Budi Asali:
Ini memang kesalahan yang umum, tetapi salah.
Kata
/ nama ‘Lucifer’ muncul dalam terjemahan KJV dalam Yes
14:12 (dalam Kitab Suci Indonesia diterjemahkan ‘Bintang Timur’),
dan kalau saudara membaca kontextnya jelas bahwa istilah ini menunjuk kepada raja Babel, bukan kepada komandan setan.
Yes
14:4,12,22,23 - “(4) maka engkau akan
memperdengarkan ejekan ini tentang raja Babel, dan berkata: ‘Wah, sudah berakhir si penindas sudah
berakhir orang lalim! ... (12) ‘Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan
jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! ... (22) ‘Aku akan bangkit
melawan mereka,’ demikianlah firman TUHAN semesta alam, ‘Aku akan melenyapkan
nama Babel dan sisanya, anak cucu dan anak cicitnya,’
demikianlah firman TUHAN. (23) ‘Aku akan membuat Babel menjadi milik landak dan menjadi air rawa-rawa, dan
kota itu akan Kusapu bersih dan Kupunahkan,’ demikianlah firman TUHAN semesta
alam”.
Yes 14:12 (KJV): ‘How art thou fallen from heaven, O Lucifer, son of the morning! how art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations!’.
Calvin
(tentang Yes 14:12): “The exposition of this passage, which some have given, as if it
referred to Satan, has arisen from ignorance; for the context plainly shows
that these statements must be understood in reference to the king of the
Babylonians. But when passages of Scripture are taken at random, and no
attention is paid to the context, we need not wonder that mistake of this kind
frequently arise. Yet it was an instance of very gross ignorance, to imagine
that Lucifer was the king of devils, and that the Prophet gave him this name.
But as these inventions have no probability whatever, let us pass by them as
useless fables” (= Exposisi yang diberikan oleh beberapa orang tentang text
ini, seakan-akan text ini menunjuk kepada setan / berkenaan dengan setan,
muncul / timbul dari ketidaktahuan; karena kontex secara jelas menunjukkan
bahwa pernyataan-pernyataan ini harus dimengerti dalam hubungannya dengan raja
Babel. Tetapi pada waktu bagian-bagian Kitab Suci diambil secara sembarangan,
dan kontex tidak diperhatikan, kita tidak perlu heran bahwa kesalahan seperti
ini muncul / timbul. Tetapi itu merupakan contoh dari ketidaktahuan yang sangat
hebat, untuk membayangkan bahwa Lucifer adalah raja dari setan-setan, dan bahwa
sang nabi memberikan dia nama ini. Tetapi karena penemuan-penemuan ini tidak
mempunyai kemungkinan apapun, marilah kita mengabaikan mereka sebagai dongeng /
cerita bohong yang tidak ada gunanya) - hal 442.
Adam Clarke
(tantang Yes 14:12): “And although the context speaks explicitly concerning Nebuchadnezzar,
yet this has been, I know not why, applied to the chief of the fallen angels,
who is most incongruously denominated Lucifer, (the bringer of light!) an
epithet as common to him as those of Satan and Devil. That the Holy Spirit by
his prophets should call this arch-enemy of God and man the light-bringer, would
be strange indeed. But the truth is, the text speaks nothing at all concerning
Satan nor his fall, nor the occasion of that fall, which many divines have with
great confidence deduced from this text. O how necessary it is to understand
the literal meaning of Scripture, that preposterous comments may be prevented!”
[= Dan sekalipun kontexnya berbicara secara explicit tentang Nebukadnezar,
tetapi entah mengapa kontex ini telah diterapkan kepada kepala dari
malaikat-malaikat yang jatuh, yang secara sangat tidak pantas disebut /
dinamakan Lucifer (pembawa terang!), suatu julukan yang sama umumnya bagi dia,
seperti Iblis dan Setan. Bahwa Roh Kudus oleh nabiNya menyebut musuh utama dari
Allah dan manusia sebagai pembawa terang, betul-betul merupakan hal yang sangat
aneh. Tetapi kebenarannya adalah, text ini tidak berbicara sama sekali tentang
Setan maupun kejatuhannya, ataupun saat / alasan kejatuhan itu, yang dengan
keyakinan yang besar telah disimpulkan dari text ini oleh banyak ahli
theologia. O alangkah pentingnya untuk mengerti arti hurufiah dari Kitab Suci,
supaya komentar-komentar yang gila-gilaan / tidak masuk akal bisa dicegah!]
- hal 82.
4) Waktu Nuh keluar dari bahtera,
lalu beri persembahan kepada Allah, dan Allah mencium baunya dan lalu ‘menjadi
bahagia’!
Tanggapan Budi Asali:
a) Dari mana
gerangan omong kosong itu? Dalam Kitab Suci saya tak ada!
Kej 8:20-22 - “(20) Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah itu. (21) Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hatiNya: ‘Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan. (22) Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai, dingin dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam.’”.
b) Kalau Allah ‘menjadi bahagia’, berarti
tadinya tidak bahagia?
5) Darah di ambang pintu (tulah
ke 10) diberikan di atas, kiri dan kanan, membentuk salib! Juga ular tembaga
ditaruh di atas tiang, supaya tidak melorot diberi kayu horizontal, dan
lagi-lagi membentuk salib!
Tanggapan Budi Asali:
Tafsiran
kampungan dan menambahi Alkitab (bertentangan dengan Sola Scriptura)!
Kel 12:7
- “Kemudian dari darahnya
haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada
ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya.”.
Memang
ada kata-kata ‘kedua tiang pintu’, berarti di kiri dan kanan, lalu ada ‘ambang
atas’, berarti di atas, tetapi kalau tidak ada ‘di bawah’, bagaimana bisa
membentuk salib???
Lalu
tentang peristiwa ular tembaga, mari kita lihat ceritanya dalam Alkitab.
Bil
21:4-9 - “(4) Setelah mereka berangkat
dari gunung Hor, berjalan ke arah Laut Teberau untuk mengelilingi tanah Edom,
maka bangsa itu tidak dapat lagi menahan hati di tengah jalan. (5) Lalu mereka
berkata-kata melawan Allah dan Musa: ‘Mengapa kamu memimpin kami keluar dari
Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan
tidak ada air, dan akan makanan hambar ini kami telah muak.’ (6) Lalu TUHAN
menyuruh ular-ular tedung ke antara bangsa itu, yang memagut mereka, sehingga
banyak dari orang Israel yang mati. (7) Kemudian datanglah bangsa itu
mendapatkan Musa dan berkata: ‘Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata
melawan TUHAN dan engkau; berdoalah kepada TUHAN, supaya dijauhkanNya ular-ular
ini dari pada kami.’ Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu. (8) Maka
berfirmanlah TUHAN kepada Musa: ‘Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada
sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap
hidup.’ (9) Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang;
maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang kepada ular tembaga itu,
tetaplah ia hidup”.
Dimana
gerangan ada kata-kata ‘supaya tidak melorot lalu diberi kayu horizontal’? Lagi
mengigau, Pak Suhento?
Hal
lain yang harus diketahui adalah: sebetulnya kita tidak tahu bagaimana bentuk
salib Kristus. Kata ‘salib’ dalam bahasa Yunani adalah STAUROS, dan sebetulnya
berarti ‘an upright pole’ (= tiang
tegak). Dan salib yang paling awal memang hanya berbentuk satu tiang tegak. Karena
itu tak perlu merasa heran kalau Saksi Yehuwa menggunakan tiang tegak sebagai
salib Kristus. Tetapi memang belakangan muncul variasi-variasi bentuk salib,
sehingga ada yang berbentuk X, Y, T, dan juga seperti salib yang kita kenal.
Lalu yang mana yang merupakan salib yang digunakan untuk Yesus? Satu-satunya
alasan untuk memilih salib yang paling umum adalah karena dikatakan bahwa di
atas kepala Yesus dituliskan kata-kata ‘Yesus dari Nazaret, raja orang Yahudi’.
Kalau salib berbentuk X, Y, atau T, dimana tulisan itu mau diletakkan? Jadi,
dipilih salib yang kita kenal itu. Tetapi ini argumentasi yang sangat lemah,
karena untuk salib yang manapun, bisa diberi tulisan, menggunakan papan yang
diikat dengan tali. Apalagi salib yang berbentuk tiang tegak, tentu tak ada
masalah dengan pemberian tulisan itu.
Kesimpulan: bahwa salib Yesus dikatakan berbentuk seperti yang sekarang kita kenal, merupakan sesuatu yang sangat tidak pasti!
6) Baptisan harus selam, kalau
tidak seperti Kain yang beri persembahan hasil bumi dan bukan binatang. Kata
Yunani BAPTIZO artinya dicelup / direndam. Jadi, orang yang dibaptis percik
sama saja dengan belum dibaptis!
Tanggapan Budi Asali:
Dalam
seminar itu mula-mula ia mengatakan baptisan itu bukan merupakan sesuatu yang
hakiki untuk keselamatan, tetapi anehnya pada waktu menekankan keharusan
baptisan selam, ia mengatakan bahwa orang yang menggunakan baptisan
percik adalah seperti Kain, yang bukannya mempersembahkan binatang tetapi
mempersembahkan tanaman. Bukankah ia menjadikannya sebagai sesuatu yang
bersifat hakiki / mutlak untuk keselamatan? Ia secara bodoh mengajarkan sesuatu
yang bertentangan dengan ajarannya di bagian depan.
Kata
Yunani BAPTIZO memang bisa berarti ‘celup’ atau ‘rendam’, tetapi tidak harus
berarti seperti itu! Akan saya buktikan dari penggunaan kata itu dalam Alkitab
sendiri.
1. Mark 7:4 - “dan
kalau pulang dari pasar mereka juga tidak makan kalau tidak lebih dahulu
membersihkan dirinya. Banyak warisan lain lagi yang mereka pegang, umpamanya
hal mencuci (BAPTISMOUS) cawan, kendi dan perkakas-perkakas
tembaga”.
KJV: ‘And when they come from the market, except they wash, they eat not. And many other things there be, which they have received to hold, as the washing of cups, and pots, brasen vessels, and of tables’ (= Dan pada waktu mereka pulang dari pasar, kecuali mereka mencuci, mereka tidak makan. Dan banyak hal-hal lain yang mereka terima untuk dipegang, seperti pencucian cawan, belanga / panci, bejana / tempat dari tembaga, dan meja-meja).
Kata-kata ‘and of tables’ (= dan meja-meja) tidak ada dalam terjemahan-terjemahan yang lain, tetapi footnote NIV memberikan keterangan bahwa ada beberapa manuscripts yang kuno yang memberikan kata-kata itu.
Kalau kata-kata itu memang orisinil, maka itu makin jelas membuktikan bahwa pembaptisan / pencucian dalam ayat ini tidak dilakukan dengan merendam, karena bagaimana mungkin orang merendam meja? Berapa besarnya bak cuci yang dibutuhkan? Jauh lebih masuk akal, bahwa pencucian dilakukan dengan mencurahkan air ke benda yang akan dicuci tersebut. Dan kalau kata-kata itu tidak orisinil, tetap aneh bahwa orang mencuci belanga, dsb dengan cara merendam. Biasanya orang mencuci barang-barang itu dengan mencurahkan air ke benda tersebut.
2. Luk 11:38 - “Orang
Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci (EBAPTISTHE)
tanganNya sebelum makan”.
Orang mencuci tangan tidak harus merendam tangannya dalam air, tetapi bisa dengan mencurahkan air pada tangan. Jadi jelas bahwa ‘baptis’ di sini tidak harus berarti ‘celup / selam’.
3. 1Kor 10:2 - ‘dibaptis dalam awan dan dalam laut’.
Kata Yunaninya adalah EBAPTISANTO.
Dua hal
yang harus diperhatikan:
a. Orang Israel berjalan di
tempat kering (Kel 14:22). Yang terendam air adalah orang Mesir!
b. Awan tidak ada di atas
mereka, tetapi di belakang mereka (Kel 14:19-20). Juga awan itu tujuannya untuk
memimpin / melindungi Israel; itu bukan awan untuk memberi hujan. Kalau toh
awan itu memberi hujan, itu lebih cocok dengan baptisan percik, bukan selam.
Jadi jelas
bahwa orang Israel tidak direndam / diselam dalam awan dan dalam laut!
Barnes’
Notes: “This passage is a very important one to prove that the word baptism
does not necessarily mean entire immersion in water. It is perfectly clear that
neither the cloud nor the waters touched them” (= Text ini adalah text yang
sangat penting untuk membuktikan bahwa kata baptisan tidak harus berarti
penyelaman seluruhnya di dalam air. Adalah sangat jelas bahwa baik awan maupun
air tidak menyentuh mereka).
4. Ibr 9:10 - “karena
semuanya itu, di samping makanan minuman dan pelbagai macam pembasuhan (BAPTISMOIS),
hanyalah peraturan-peraturan untuk hidup insani, yang hanya berlaku sampai
tibanya waktu pembaharuan”.
Catatan: ada edisi Kitab Suci Indonesia yang mengatakan ‘pelbagai macam persembahan’. Ini salah cetak, dan dalam edisi yang baru sudah diperbaiki.
Terjemahan
Lama: ‘berbagai-bagai basuhan’.
NASB: various washings (= bermacam-macam
pembasuhan).
NIV: various ceremonial washings (=
bermacam-macam pembasuhan yang bersifat upacara keagamaan).
RSV: various ablutions (= bermacam-macam
pembersihan / pencucian).
KJV: divers washings (= bermacam-macam
pembasuhan).
Kata Yunaninya adalah BAPTISMOIS. Jadi terjemahan hurufiahnya adalah ‘bermacam-macam baptisan’.
Kalau kita
memperhatikan kontex dari Ibr 9 itu, maka pasti Ibr 9:10 ini menunjuk pada ‘pemercikan’
dalam Ibr 9:13,19,21. Karena itu jelas bahwa di sini kata ‘baptis’ tidak
diartikan selam / celup, tetapi percik.
Argumentasi-argumentasi
lain bahwa bahwa baptisan tidak harus dilakukan dengan selam, tetapi boleh
dengan percik, adalah:
a) Ada banyak kasus dimana
rasanya tidak mungkin dilakukan baptisan selam.
Dalam Kitab
Suci ada banyak contoh dimana baptisan tidak dilakukan di sungai. Juga tidak
diceritakan adanya kolam yang memungkinkan baptisan selam (Kis 2:41 Kis 9:18
Kis 10:47-48 Kis 16:33).
Kis 16:33 adalah contoh yang paling kuat untuk menunjukkan bahwa baptisan
tidak dilakukan dengan penyelaman karena hal itu terjadi di dalam penjara!
Charles
Hodge, seorang ahli theologia Reformed dan pendukung baptisan percik, berkata:
“In Acts
2:41, three thousand persons are said to have been baptized at Jerusalem
apparently in one day at the season of Pentecost in June; and in Acts
4:4, the same rite is necessarily implied in respect to five thousand more. ...
There is in summer no running stream in the vicinity of Jerusalem,
except the mere rill of Siloam of a few rods in length; and the city is and was
supplied with water from its cistern and public reservoirs. From neither of
these sources could a supply have been well obtained for the immersion of eight
thousand persons. The same scarcity of water forbade the use of private baths
as a general custom” [= Dalam
Kis 2:41, dikatakan bahwa 3000 orang dibaptiskan di Yerusalem, dan itu jelas
terjadi dalam satu hari pada musim Pentakosta di bulan Juni; dan dalam
Kis 4:4, secara tidak langsung bisa dipastikan bahwa upacara yang sama
dilakukan terhadap 5000 orang lebih. ... Pada musim panas, tidak ada
sungai mengalir di Yerusalem dan sekitarnya, kecuali sungai kecil dari Siloam
yang panjangnya beberapa rod (NB: 1 rod = 5 meter); dan kota itu, baik sekarang
maupun dulu, disuplai dengan air dari bak / tangki air dan waduk / kolam air
milik / untuk umum. Tidak ada dari sumber-sumber ini yang bisa menyuplai air
untuk menyelam 8000 orang. Kelangkaan air yang sama melarang penggunaan bak
mandi pribadi sebagai suatu kebiasaan umum] - ‘Systematic Theology’, vol III, hal 534.
Catatan:
Kis 4:4 seharusnya ‘menjadi 5000 orang’, bukan ‘bertambah dengan 5000
orang’.
Charles
Hodge lalu menambahkan sebagai berikut:
“The
baptismal fonts still found among the ruins of the most ancient Greek churches
in Palestine, as at Tekoa and Gophna, and going back apparently to very early
times, are not large enough to admit of baptism of adult persons by immersion,
and were obviously never intended for that use” (= Bak-bak untuk membaptis yang ditemukan di antara reruntuhan
dari gereja-gereja Yunani kuno di Palestina, seperti di Tekoa dan Gophna, dan
jelas berasal dari waktu yang sangat awal, tidak cukup besar untuk baptisan
orang dewasa dengan cara penyelaman, dan jelas tidak pernah dimaksudkan untuk
penggunaan seperti itu) - ‘Systematic Theology’,
vol III, hal 534.
Sekarang
mari kita melihat baptisan sida-sida dalam Kis 8:26-40. Apakah ini adalah
baptisan selam? Ada 2 hal yang perlu diperhatikan dari bagian ini:
1. Kis 8:36 - ‘ada air’.
Yunani: TI HUDOR [a certain water / some water (= air tertentu / sedikit air)]. Jadi ini menunjuk pada sedikit air, sehingga tidak memungkinkan baptisan selam.
Charles
Hodge: “He was travelling through a desert part of the country towards Gaza,
when Philip joined him, ‘And as they went on their way they came unto a certain
water (EPI TI HUDOR, to some water)’.There is no known stream in that region of
sufficient depth to allow of the immersion of a man” [= Ia sedang bepergian
melalui bagian padang pasir dari negara itu menuju Gaza, ketika Filipus
bergabung dengannya, ‘Dan ketika mereka melanjutkan perjalanan mereka mereka
sampai pada air tertentu (EPI TI HUDOR, kepada sedikit air)’. Di daerah itu
tidak diketahui adanya sungai dengan kedalaman yang cukup untuk memungkinkan
penyelaman seorang manusia] - ‘Systematic
Theology’, vol III, hal 535.
2. Kis 8:38-39 berkata ‘turun ke dalam air ... keluar dari air’.
Apakah ini menunjuk pada baptisan selam? Seperti pada baptisan Yesus, istilah ini bisa diartikan 2 macam, yaitu:
a. Sida-sida itu betul-betul
terendam total, lalu keluar dari air.
b. Sida-sida itu turun ke
dalam air yang hanya sampai pada lutut atau mata kakinya, lalu keluar dari air.
Untuk mengetahui yang mana yang benar dari 2 kemungkinan ini, bacalah Kis 8:38-39 itu sekali lagi. Perhatikan bahwa di situ dikatakan: “dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia. Dan setelah mereka keluar dari air, ...”.
Kalau istilah ‘turun ke dalam air’ dan ‘keluar dari air’ diartikan sebagai baptisan selam, itu menunjukkan bahwa Filipus, sebagai orang yang membaptis, juga ikut diselam! Ini jelas tidak mungkin. Jadi dari 2 kemungkinan di atas, yang benar adalah kemungkinan kedua. Ini juga cocok dengan point pertama di atas yang menunjukkan bahwa air di situ cuma sedikit, sehingga tidak memungkinkan baptisan selam.
b) Hal-hal lain yang mendukung baptisan percik:
1. Penekanan arti baptisan
adalah sebagai simbol penyucian / purification.
Padahal dalam Kitab Suci purification
selalu disimbolkan dengan percikan:
a. Kel 24:8 - Kitab
Suci Indonesia salah terjemahan, karena kata
‘menyiramkannya’ seharusnya adalah ‘memercikkannya’. NIV: ‘sprinkled’ (= memercikkan).
b. Kel 29:16,21 - Kitab
Suci Indonesia salah terjemahan, karena kata ‘kausiramkan’ seharusnya adalah
‘percikkanlah’ [NIV: ‘sprinkle’ (=
percikkanlah)].
c. Im 7:14 - Kitab Suci
Indonesia salah terjemahan, karena kata ‘menyiramkan’ seharusnya adalah
‘memercikkan’ [NIV: ‘sprinkles’ (=
memercikkan)].
d. Im 14:7,51 - ‘memercik’.
e. Im 16:14 -
‘memercikannya’.
f. Bil 8:7 -
‘percikkanlah’.
g. Bil 19:18 -
‘memercikkannya’.
h. Yes 52:15 (NIV) - ‘He will sprinkle many nations’ (= Ia
akan memerciki banyak bangsa).
i. Ibr 9:13 -
‘percikan’.
j. Ibr 9:19,21 -
‘memerciki’ dan ‘dipercikinya’.
k. Ibr 10:22 - Kitab
Suci Indonesia salah terjemahan, karena kata ‘telah dibersihkan’ seharusnya
adalah ‘telah diperciki’ [NIV: ‘sprinkled
to cleanse’ (= diperciki untuk membersihkan)].
l. Ibr 12:24 - ‘darah
pemercikan’.
2. Luk 3:16 - ‘Aku
membaptis kamu dengan air’ (I
baptize you with water).
Kata ‘with water’ / ‘dengan
air’ (Yunani: HUDATI) ini tidak cocok diartikan sebagai selam, karena kita
tidak berkata ‘aku menyelam kamu dengan air’ tetapi kita berkata ‘aku
menyelam kamu di dalam air’. Tetapi kalau baptisan itu adalah percik /
tuang, maka kata-kata ‘dengan air’ itu cocok.
Mat 3:11
memang menggunakan kata Yunani EN, tetapi kata EN bukan hanya bisa diartikan
sebagai in (= di dalam), tetapi juga
sebagai with (= dengan).
Kesimpulan: baptisan
selam bukan satu-satunya baptisan yang sah. Karena itu kalau saudara sudah
dibaptis dengan baptisan percik atau tuang, jangan percaya kepada orang-orang
bodoh yang mengharuskan saudara dibaptis ulang dengan baptisan selam. Ingat
bahwa pada waktu saudara dibaptis ulang, saudara menghina baptisan yang
pertama!
7) Nama / sebutan Perjamuan Kudus
salah, seharusnya Perjamuan Tuhan. Istilah Perjamuan Kudus kita dapat dari
Katolik. Perjamuan itu tidak bisa menguduskan, jadi nama itu salah.
Tanggapan
Budi Asali:
Saya
setuju saja kalau digunakan istilah ‘Perjamuan Tuhan’, karena istilah itu
memang ada dalam Alkitab (1Kor 10:21
1Kor 11:20). Tetapi istilah ‘Perjamuan Kudus’ juga tak masalah, karena
itu hanya soal istilah. Bahwa itu didapatkan dari Katolik merupakan omong
kosong, yang tak akan bisa ia buktikan. Dan siapa gerangan orang bodoh yang
mempercayai bahwa Perjamuan Kudus itu menguduskan? Itu merupakan fitnahan
terhadap orang-orang yang menggunakan istilah ‘Perjamuan Kudus’.
8) Ia tahu cara penggunaan Urim
dan Tumim, dan menjelaskannya.
Tanggapan
Budi Asali:
Tak
ada penafsir yang tahu dengan pasti tentang hal itu. Jangankan cara
menggunakannya, bahkan bagaimana bentuk dari Urim dan Tumimpun tidak ada yang
tahu. Entah Suhento Liauw belajar dari mimpi atau bagaimana?
Kel 28:30 -
“Dan di dalam tutup dada pernyataan
keputusan itu haruslah kautaruh Urim dan Tumim; haruslah itu di atas
jantung Harun, apabila ia masuk menghadap TUHAN, dan Harun harus tetap membawa
keputusan bagi orang Israel di atas jantungnya, di hadapan TUHAN”.
Adam Clarke
(tentang Kel 28:30): “‘Thou
shalt put in the breastplate of judgment the Urim and the Thummim.’ What these were has, I believe, never yet been discovered.
1. They are nowhere described. 2. There is no direction given to Moses
or any other how to make them. ... 6. That God was often consulted by Urim
and Thummim, is sufficiently evident from several Scriptures; but how or in
what manner he was thus consulted appears in none”.
Apa
yang dikatakan oleh Bil 27:21 tidaklah menunjukkan cara penggunaan
Urim dan Tumim.
Bil 27:21
- “Ia harus berdiri di depan imam
Eleazar, supaya Eleazar menanyakan keputusan Urim bagi dia di hadapan TUHAN;
atas titahnya mereka akan keluar dan atas titahnya mereka akan masuk, ia
beserta semua orang Israel, segenap umat itu.’”.
9) Ia percaya bahasa Roh, nubuat,
mimpi dari Tuhan, malaikat datang beri petunjuk firman, karunia lakukan mujijat
/ kesembuhan; semua ini tak ada lagi. 1Kor 13:8 ditafsirkan menunjuk pada
selesainya penulisan Kitab Suci. Ia membahas kata Yunani TON TELEION dalam ayat
itu dan ia mengartikannya sebagai ‘the perfect thing’.
Tanggapan
Budi Asali:
Sepanjang
saya tahu, tak ada satupun Kitab Suci bahasa Inggris yang menterjemahkan ‘the perfect thing’.
KJV: ‘But when that which is perfect is
come, then that which is in part shall be done away’.
RSV: ‘but when the perfect comes, the
imperfect will pass away’.
NIV: ‘but when perfection comes, the
imperfect disappears’.
NASB: ‘but when the perfect comes, the
partial will be done away’.
ASV: ‘but when that which is perfect is
come, that which is in part shall be done away’.
NKJV: ‘But when that which is perfect has
come, then that which is in part will be done away’.
Dan
sekalipun memang ada penafsir-penafsir yang menafsirkan bahwa ini menunjuk pada
selesainya penulisan Alkitab, tetapi hanya sangat sedikit penafsir yang
menafsir seperti itu. Pada umumnya para penafsir mengatakan bahwa ini menunjuk
pada saat kita masuk surga / pada kedatangan Kristus yang keduakalinya.
1Kor 13:8-10
- “(8) Kasih tidak berkesudahan; nubuat
akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. (9)
Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.
(10) Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan
lenyap”.
Kalau
kata-kata ‘jika yang sempurna tiba’
(ay 10) dianggap menunjuk pada saat Alkitab lengkap, bagaimana mungkin pada
saat itu pengetahuan akan lenyap? Bukankah dengan lengkapnya Alkitab,
pengetahuan bukan saja tidak lenyap, tetapi makin bertambah?
Tetapi
kalau diartikan menunjuk pada kedatangan Kristus yang keduakalinya, maka itu
memang memungkinkan, karena pengetahuan pada saat itu pastilah sangat berbeda
dengan pengetahuan kita di dunia ini. Jadi pengetahuan yang sekarang ini, yang
tidak lengkap / tidak sempurna, akan lenyap, digantikan oleh pengetahuan yang sempurna
/ lengkap, yang sama sekali baru.
Adam Clarke
(tentang 1Kor 13:10): “‘But
when that which is perfect.’ The state of eternal blessedness; then that
which is in part - that which is imperfect, shall be done away; the imperfect
as well as the probationary state shall cease for ever”.
10) Mulai saat Yesus mati sampai
Kitab Suci selesai ditulis rasul-rasul jadi Standard kebenaran.
Tanggapan
Budi Asali:
Kok
Petrus bisa salah, dalam Kis 10 dan Gal 2?
Kis 10:13-15,34-35
- “(13) Kedengaranlah olehnya suatu
suara yang berkata: ‘Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!’ (14)
Tetapi Petrus menjawab: ‘Tidak, Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah makan
sesuatu yang haram dan yang tidak tahir.’ (15) Kedengaran pula untuk kedua
kalinya suara yang berkata kepadanya: ‘Apa yang dinyatakan halal oleh Allah,
tidak boleh engkau nyatakan haram.’ ... (34) Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya:
‘Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang. (35)
Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan
kebenaran berkenan kepadaNya”.
Gal
2:11-14 - “(11) Tetapi waktu Kefas
datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah. (12)
Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan
dengan saudara-saudara yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia
mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang
bersunat. (13) Dan orang-orang Yahudi yang lainpun turut berlaku munafik dengan
dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka. (14)
Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran
Injil, aku berkata kepada Kefas di
hadapan mereka semua: ‘Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan
bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang
tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?’”.
Dan
Yohanes bisa salah dengan menyembah malaikat?
Wah
19:10 - “Maka tersungkurlah aku di depan
kakinya untuk menyembah dia, tetapi ia berkata kepadaku: ‘Janganlah berbuat
demikian! Aku adalah hamba, sama dengan engkau dan saudara-saudaramu, yang
memiliki kesaksian Yesus. Sembahlah Allah! Karena kesaksian Yesus adalah roh
nubuat.’”.
Wah
22:8-9 - “(8) Dan aku, Yohanes, akulah
yang telah mendengar dan melihat semuanya itu. Dan setelah aku mendengar dan
melihatnya, aku tersungkur di depan kaki malaikat, yang telah menunjukkan semuanya
itu kepadaku, untuk menyembahnya. (9) Tetapi ia berkata kepadaku: ‘Jangan
berbuat demikian! Aku adalah hamba, sama seperti engkau dan saudara-saudaramu,
para nabi dan semua mereka yang menuruti segala perkataan kitab ini. Sembahlah
Allah!’”.
11) Mat 11:13-14 - “(13) Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya
Yohanes (14) dan - jika kamu mau menerimanya - ialah Elia yang akan datang itu.”.
Ini ditafsirkan, jika kamu mau menerima, ia adalah Elia, jika tidak mau terima ia adalah Yohanes Pembaptis!
Tanggapan
Budi Asali:
Ini
ajaran sinting, dan merupakan penafsiran ‘liar’, yang tidak membutuhkan
tanggapan.
12) Karena mau gerejanya steril,
Suhento Liauw selalu khotbah sendiri.
Tanggapan
Budi Asali:
Lucu
sekali. Kalau dia yang khotbah pasti steril? Jadi ajarannya Suhento Liauw itu
inerrant / infallible? Dan bagaimana kalau dia mati? Anaknya sendiri steril
atau tidak? Apa mungkin dua orang punya theologia yang persis sama?
13) Kata ‘Katolik’ dalam 12
Pengakuan Iman Rasuli (Indonesia diterjemahkan ‘AM’), disamakan dengan gereja
Katolik!
Tanggapan
Budi Asali:
Kata
yang sama belum tentu artinya sama, dan kalau artinya sama belum tentu menunjuk
pada hal yang sama.
Kata ‘Katolik’ memang artinya ‘am’ atau ‘universal’. Jadi kata-kata dalam 12 Pengakuan Iman Rasuli versi bahasa Inggris, ‘the Holy Catholic Church’ (Gereja Katolik yang kudus / Gereja yang kudus dan am), tidak salah. Ini menunjuk pada Gereja yang tak kelihatan, atau gereja universal, yaitu semua orang percaya di seluruh dunia dan sepanjang jaman.
Encyclopedia
Britannica 2010 dengan entry ‘Catholic’: “(from
Greek katholikos, ‘universal’),
the characteristic that, according to ecclesiastical writers since the 2nd
century, distinguished the Christian Church at large from local communities or
from heretical and schismatic sects. A notable exposition of the term as it had
developed during the first three centuries of Christianity was given by St. Cyril of Jerusalem
in his Catecheses (348): the church is called
catholic on the ground of its worldwide extension, its doctrinal completeness,
its adaptation to the needs of men of every kind, and its moral and spiritual
perfection. The theory that what has been universally taught or practiced
is true was first fully developed by St. Augustine in his
controversy with the Donatists (a North African heretical Christian sect)
concerning the nature of the church and its ministry. It received classic
expression in a paragraph by St. Vincent of Lérins
in his Commonitoria (434), from which is derived the
formula: ‘What all men have at all times and everywhere believed must be
regarded as true.’ St. Vincent maintained that the true faith was that which
the church professed throughout the world in agreement with antiquity and the
consensus of distinguished theological opinion in former generations. Thus,
the term catholic tended to acquire the sense of orthodox. Some
confusion in the use of the term has been inevitable, because various groups
that have been condemned by the Roman Catholic Church as heretical or
schismatic never retreated from their own claim to catholicity. Not only
the Roman Catholic Church but also the Eastern Orthodox Church, the Anglican
Church, and a variety of national and other churches claim to be members of the
holy catholic church, as do most of the major Protestant churches”.
Tetapi
istilah ‘Katolik’ juga digunakan oleh Gereja Roma Katolik, mungkin karena
mereka menganggap mereka adalah satu-satunya gereja universal. Itu sebetulnya
merupakan suatu penggunaan yang kontradiksi, karena ‘Roma’ merupakan sebutan
yang bersifat lokal, sedangkan ‘Katolik’ sebutan yang bersifat universal.
Bahwa mereka menggunakan kata itu secara salah, itu urusan mereka. Tetapi kalau Suhento Liauw melarang / menyalahkan orang Kristen menggunakan kata itu, merupakan suatu kebodohan! Mengapa? Karena gereja-gereja yang dikecam oleh Gereja Roma Katolik sebagai gereja sesat, termasuk gereja Protestan, juga mengclaim istilah itu bagi gereja mereka, karena mereka menganggap gereja merekalah yang benar.
14) Serang predestinasi dan katakan neraka bukan dicipta untuk manusia
tetapi untuk setan.
Mat 25:41
- “Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah
kiriNya: Enyahlah dari hadapanKu, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke
dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.”.
Tanggapan
Budi Asali:
Jawaban
tentang kebodohan ini tidak saya berikan di sini karena ini berhubungan dengan
debat tanggal 24 Agustus 2012 antara Esra + saya vs Steven Liauw + partnernya.
Saya tak mau tunjukkan ‘senjata’ saya sebelum debat tanggal 24 Agustus itu
terlaksana.
15) Dalam kebaktian tak boleh ada
pemberkatan pada akhir kebaktian. Pemberkatan ada pada jaman keimaman Harun,
jaman sekarang semua orang Kristen adalah imam, jadi tak boleh ada satu
memberkati yang lain. Pemberkatan nikah itu salah, seharusnya peneguhan nikah.
Tanggapan
Budi Asali:
Ajaran
ini betul-betul gila, dan tak sulit untuk membantahnya / menghancurkannya.
a) Dalam jaman
Perjanjian Lama, yang memberkati adalah imam besar, tetapi berkat itu
sebetulnya jelas bukan datang dari imam besar itu sendiri, tetapi dari Tuhan.
Jadi, imam besar itu hanyalah alat Tuhan.
Bil 6:22-27 - “(22) TUHAN berfirman kepada Musa: (23) ‘Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka: (24) TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; (25) TUHAN menyinari engkau dengan wajahNya dan memberi engkau kasih karunia; (26) TUHAN menghadapkan wajahNya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera. (27) Demikianlah harus mereka meletakkan namaKu atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka.’”.
Lalu mengapa dalam Perjanjian Baru, pendeta tak boleh jadi alat Tuhan untuk memberikan berkat dalam kebaktian?
b) Kalau karena
dalam jaman Perjanjian Baru semua orang Kristen adalah imam, dan karena itu tak
boleh orang Kristen yang satu memberkati orang Kristen yang lain, maka ingat
bahwa dalam jaman Perjanjian Lama imam punya tugas mengajar Firman Tuhan.
Mal
2:1-7 - “(1) Maka sekarang, kepada
kamulah tertuju perintah ini, hai para imam! (2) Jika kamu tidak
mendengarkan, dan jika kamu tidak memberi perhatian untuk menghormati namaKu,
firman TUHAN semesta alam, maka Aku akan mengirimkan kutuk ke antaramu dan akan
membuat berkat-berkatmu menjadi kutuk, dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk,
sebab kamu ini tidak memperhatikan. (3) Sesungguhnya, Aku akan mematahkan
lenganmu dan akan melemparkan kotoran ke mukamu, yakni kotoran korban dari
hari-hari rayamu, dan orang akan menyeret kamu ke kotoran itu. (4) Maka kamu
akan sadar, bahwa Kukirimkan perintah ini kepadamu, supaya perjanjianKu dengan
Lewi tetap dipegang, firman TUHAN semesta alam. (5) PerjanjianKu dengan dia
pada satu pihak ialah kehidupan dan sejahtera dan itu Kuberikan kepadanya -
pada pihak lain ketakutan - dan ia takut kepadaKu dan gentar terhadap namaKu.
(6) Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat
pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak
orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan. (7) Sebab bibir seorang
imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya,
sebab dialah utusan TUHAN semesta alam”.
Kalau
karena dalam jaman Perjanjian Baru semua orang Kristen adalah imam, dan karena
itu tak boleh orang Kristen yang satu memberkati orang Kristen yang lain, maka
konsekwensinya adalah: orang Kristen yang satu juga tak boleh mengajar Firman
Tuhan kepada orang Kristen yang lain! Semua orang Kristen harus menjadi
pengajar Firman Tuhan, dan lalu siapa pendengarnya?
c) Bandingkan juga dengan ayat-ayat ini:
· Ro 12:14 - “Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan
jangan mengutuk!”.
· 1Kor 4:12 - “kami melakukan pekerjaan tangan yang berat. Kalau kami dimaki, kami
memberkati; kalau kami dianiaya, kami sabar;”.
·
Ibr 7:7 - “Memang tidak dapat disangkal, bahwa yang lebih rendah diberkati
oleh yang lebih tinggi”.
16)Nama Allah yang benar bukan YAHWEH tetapi YEHOVAH. Alasan: karena
dalam manuscript tertua yang gunakan huruf hidup (MT) namanya disebutkan
YEHOVAH.
Tanggapan
Budi Asali:
Ini
lucu karena MT bukan manuscript! Dalam manuscript tak ada huruf hidup! Memang
YAHWEHpun belum tentu benar, tetapi YEHOVAH pasti salah, karena huruf
hidupnya dipinjam dari Adonay
(dan mungkin juga dari ELOHIM).
Saya
akan memberi kutipan dari buiku saya sendiri tentang Yahweh-isme, yang berbunyi
sebagai berikut:
Bagaimana
dengan pengucapan ‘Jehovah’ / ‘Yehovah’?
Di atas
sudah saya jelaskan bahwa setiap kali bertemu dengan nama YHWH, mereka
membacanya ADONAY (= Tuhan). Lalu pada suatu saat, ada orang-orang yang memasukkan
bunyi huruf-huruf hidup dari kata ADONAY, yaitu A - O - A ke sela-sela dari
YHWH itu, sehingga didapatkan YAHOWAH, dan seorang dosen saya mengatakan bahwa
dalam aksen Jerman (entah dari mana kok tahu-tahu ada aksen Jerman), ini lalu
berubah menjadi YEHOWAH atau YEHOVAH. Pulpit Commentary dalam tafsirannya
tentang Im 24:11 mengatakan bahwa perubahan YAHOWAH menjadi YEHOWAH itu
disebabkan karena: “the laws of the Hebrew language required the first a
to be changed into e, and hence the name Jehovah” (= hukum-hukum dari
bahasa Ibrani mengharuskan huruf a yang pertama untuk diubah menjadi huruf e,
dan karena itu menjadi Jehovah) - hal 383.
Catatan: perlu diketahui bahwa dalam bahasa
Ibrani, huruf V dan W adalah sama.
The New Bible Dictionary (dengan topik ‘God, names of’): “YHWH
was considered too sacred to pronounce; so ADONAY (my Lord) was substituted in
reading, and the vowels of this word were combined with the consonants YHWH to
give ‘Jehovah’, a form first attested at the beginning of the 12th
century AD” [= YHWH
dianggap terlalu keramat untuk diucapkan; maka ADONAY (Tuhanku) dijadikan
pengganti dalam pembacaan, dan huruf-huruf hidup dari kata ini dikombinasikan
dengan huruf-huruf mati YHWH untuk memberikan ‘Jehovah’, suatu bentuk yang
pertama-tama ditegaskan pada permulaan abad ke 12 M.] - hal 478.
Nelson’s
Bible Dictionary (dengan topik ‘God, Names of’): “The divine
name Yahweh is usually translated Lord in English versions of the Bible,
because it became a practice in late Old Testament Judaism not to pronounce the
sacred name YHWH, but to say instead ‘my Lord’ (Adonai) - a practice still used
today in the synagogue. When the vowels of Adonai were attached to the
consonants YHWH in the medieval period, the word Jehovah resulted” [= Nama
ilahi ‘Yahweh’ biasanya diterjemahkan ‘Lord’ (= Tuhan) dalam versi-versi
Alkitab bahasa Inggris, karena menjadi suatu praktek dalam Yudaisme Perjanjian
Lama belakangan, untuk tidak mengucapkan nama keramat / kudus YHWH, tetapi
mengatakan ‘Tuhanku’ (ADONAY) sebagai gantinya - suatu praktek yang masih
digunakan jaman ini dalam sinagog. Pada waktu huruf-huruf hidup dari ADONAY
diberikan pada huruf-huruf mati YHWH pada jaman abad pertengahan, kata Yehovah
dihasilkan].
Encyclopedia Britannica memberikan penjelasan yang agak berbeda. Encyclopedia Britannica mengatakan bahwa bunyi huruf-huruf hidup yang dimasukkan di sela-sela YHWH itu diambil bukan hanya dari kata ADONAY (= Tuhan), tetapi juga dari kata ELOHIM (= Allah). Dari kata yang pertama didapatkan A - O - A dan dari kata yang kedua didapatkan E - O - I. Penggabungannya dimasukkan ke sela-sela YHWH. Untuk bunyi huruf hidup pertama, yang diambil adalah E, untuk yang kedua diambil O, dan untuk yang ketiga diambil A. Jadi, muncul YEHOWAH / YEHOVAH.
Encyclopedia
Britannica 2007: “The Masoretes, who from about the 6th to the 10th
century worked to reproduce the original text of the Hebrew Bible, replaced the
vowels of the name YHWH with the vowel signs of the Hebrew words Adonai or
Elohim. Thus, the artificial name Jehovah (YeHoWaH) came into being” [= Para ahli Taurat Yahudi, yang dari
kira-kira abad ke 6 sampai abad ke 10 bekerja untuk mereproduksi text orisinil
dari Alkitab Ibrani, menggantikan huruf-huruf hidup dari nama YHWH dengan
tanda-tanda huruf-huruf hidup dari kata-kata Ibrani Adonai atau Elohim. Maka,
nama buatan YEHOVAH (YeHoWaH) tercipta].
Louis Berkhof rupanya juga sependapat, karena ia berkata: “And therefore in reading the Scriptures they substituted for it either ’Adonai or ’Elohim; and the Masoretes, while leaving the consonants intact, attached to them the vowels of one of these names, usually those of ’Adonai” [= Dan karena itu dalam membaca Kitab Suci mereka (orang-orang Yahudi) menggantikannya atau dengan ADONAY atau ELOHIM; dan ahli-ahli Taurat Yahudi, sementara mereka membiarkan huruf-huruf mati itu utuh, melekatkan kepada huruf-huruf mati itu huruf-huruf hidup dari salah satu dari nama-nama ini, biasanya huruf-huruf hidup dari ADONAY] - ‘Systematic Theology’, hal 49.
Dari
penjelasan ini bisa dinyatakan bahwa penyebutan YEHOVAH (atau dalam bahasa
Inggris ‘Jehovah’), sebenarnya pasti salah, karena bunyi huruf hidupnya
diambil dari kata ADONAY, atau dari ADONAY dan ELOHIM.
17) Ia percaya semua bayi yang mati
masuk surga. Dasar Alkitab yang ia berikan adalah 1Raja 14:13 - “Seluruh Israel akan meratapi dia dan menguburkan dia, sebab
hanya dialah dari pada keluarga Yerobeam yang akan mendapat kubur, sebab di
antara keluarga Yerobeam hanya padanyalah terdapat sesuatu yang baik di mata
TUHAN, Allah Israel.”.
Ia
berkata anak Yerobeam ini belum akil balik / dewasa dan karena itu Tuhan
menemukan adanya sesuatu yang baik dalam dirinya (ia belum punya dosa dari
dirinya sendiri).
Tanggapan
Budi Asali:
Sangat
lucu, jadi dosa asal tak membuat Allah murka kepada seseorang. Kalau begitu
mengapa bayi bisa mati? Juga anak Yerobeam itu bukan bayi / anak kecil. Kata
Ibrani yang digunakan adalah NAAR, yang bisa berarti ‘boy’ (= anak laki-laki) ataupun ‘youth’ (= pemuda). Karena itu anak itu sudah pasti punya dosa dari
dirinya sendiri. Kalau dikatakan Allah mendapati sesuatu yang baik dalam
dirinya maka itu pasti menunjukkan anak itu sudah beriman, karena tanpa iman
tidak mungkin seseorang bisa memperkenan Tuhan.
Ibr
11:6a - “Tetapi tanpa iman tidak mungkin
orang berkenan kepada Allah.”.
Mungkin
karena ia beriman maka ia tidak setuju dengan penyembahan berhala yang dilakukan
oleh ayahnya (Yerobeam), dan itulah hal yang baik yang ada pada anak itu.
Adanya hal yang baik ini pasti juga merupakan hasil pekerjaan Tuhan dan kasih
karuniaNya dalam diri anak itu, sehingga sekalipun ia dilahirkan dalam keluarga
yang brengsek, ia sendiri bisa beriman dan mempunyai kesalehan, sehingga bisa
memperkenan Tuhan.
18) Dalam pengajaran, Suhento Liauw
ini sering memfitnah orang:
a) Ia menunjukkan foto di koran,
ada 4 orang, themanya kira-kira penyatuan / penyamaan Kristen dengan Katolik.
Lalu berkata: yang ini James Ryadi (memang benar), yang ini Stephen Tong
(ngawur, itu pasti bukan Stephen Tong). Lalu di koran itu ditulis nama Sekolah
Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia.
Tanggapan
Budi Asali:
Ini
saya protes dalam acara tanya jawab dan saya jelaskan: yang satu memang James
Ryadi, yang satu lagi Yakub Susabda, tetapi tak ada Stephen Tong, itu fitnah!
Dia agak malu, lalu bilang kalau fotonya kabur jadi mirip Stephen Tong. Padahal
fotonya nggak mirip sama sekali dengan Stephen Tong! Dan kalau memang tidak
tahu, lebih baik jangan omong tentang kejelekan orang lain, atau itu harus
dianggap sebagai fitnah!
b) Calvin / Calvinist ada jejak
darah, dalam persoalan kematian Servetus. Lucu, yang menghukum mati Servetus
bukan Calvin, tetapi pengadilan! Orang gila ini senang memfitnah!
Tanggapan
Budi Asali:
Ini
fitnahan yang lazim dalam kalangan Arminian! Entah mereka tidak tahu sejarahnya
atau pura-pura tidak tahu, itu bukan urusan saya. Tetapi siapapun mau bicara
tentang kejelakan orang, ia harus tahu bahwa apa yang ia bicarakan itu pasti
benar. Kalau tidak, itu merupakan FITNAH!
Perlu
diketahui beberapa hal dalam persoalan penghukuman mati terhadap Servetus
dengan dibakar pada jaman Calvin:
1. Servetus
dihukum mati bukan karena dia anti Calvinisme, tetapi karena ia bukan saja tak
percaya pada doktrin Allah Tritunggal, tetapi lebih dari itu, ia
menghujatnya mati-matian dengan mengatakan hal itu sebagai ‘monster berkepala
tiga’ dsb sehingga menimbulkan kemarahan dari semua orang Kristen dan
bahkan Katolik di seluruh dunia.
2. Calvin
memang yang melaporkan dia kepada pemerintah / polisi pada waktu ia secara
berani mati muncul di Geneva. Tetapi yang menangkap, mengadili, menjatuhkan
hukuman mati dengan dibakar, dan melaksanakan hukuman mati itu adalah
pemerintah / pengadilan.
3. Calvin
justru memintakan keringanan supaya hukuman itu diubah dari dibakar menjadi
pemenggalan, tetapi permintaan Calvin ditolak oleh pengadilan.
Semua
cerita ini ada dalam buku sejarah dari Philip Schaff (orang ini ahli sejarah,
dan ia bukan Calvinist), dan itu bisa saya buktikan.
Philip
Schaff: “if we consider
Calvin’s course in the light of the sixteenth century, we must come to the
conclusion that he acted his part from a strict sense of duty and in harmony
with the public law and dominant sentiment of his age, which justified the
death penalty for heresy and blasphemy, and abhorred toleration as involving
indifference to truth Even Servetus admitted the principle under which he
suffered; for he said, that incorrigible obstinacy and malice deserved death
before God and men” - ‘History of the Christian Church’, vol
VIII, hal 690.
Philip
Schaff: “Calvin never
changed his views or regretted his conduct towards Servetus. Nine years after
his execution he justified it in self-defence against the reproaches of
Baudouin (1562), saying: ‘Servetus suffered the penalty due to his heresies,
but was it by my will? Certainly his arrogance destroyed him not less than his
impiety. And what crime was it of mine if our Council, at my exhortation,
indeed, but in conformity with the opinion of several Churches, took vengeance
on his execrable blasphemies? Let Baudouin abuse me as long as he will,
provided that, by the judgment of Melanchthon, posterity owes me a debt of
gratitude for having purged the Church of so pernicious a monster.’” - ‘History of the Christian
Church’, vol VIII, hal 690-691.
Philip
Schaff: “Let us remember
also that it was not simply a case of fundamental heresy, but of horrid
blasphemy, with which he had to deal. If he was mistaken, if he misunderstood
the real opinions of Servetus, that was an error of judgment, and an error
which all the Catholics and Protestants of that age shared” - ‘History of the Christian
Church’, vol VIII, hal 691.
Philip
Schaff: “It is not
surprising that this book gave great offence to Catholics and Protestants
alike, and appeared to them blasphemous. Servetus calls the Trinitarians
tritheists and atheists. He frivolously asked such questions as whether God had
a spiritual wife or was without sex. He calls the three gods of the
Trinitarians a deception of the devil, yea (in his later writings), a
three-headed monster” - ‘History of the Christian Church’, vol
VIII, hal 718-719.
Philip
Schaff: “Servetus charges
the Reformed Christians of Geneva that they had a gospel without a God, without
true faith, without good works; and that instead of the true God they
worshipped a three-headed Cerberus” - ‘History of the Christian
Church’, vol VIII, hal 731.
Catatan: Cerberus = anjing berkepala tiga yang menjaga Hades dalam mitologi Romawi dan Yunani (Webster’s New World Dictionary, College Edition).
Philip
Schaff: “He calls all
Trinitarians ‘tritheists’ and ‘atheists.’ They have not one absolute
God, but a three-parted, collective, composite God - that is, an unthinkable,
impossible God, which is no God at all. They worship three idols of the demons,
- a three-headed monster, like the Cerberus of the Greek mythology. One of
their gods is unbegotten, the second is begotten, the third proceeding. One
died, the other two did not die. Why is not the Spirit begotten, and the Son
proceeding? By distinguishing the Trinity in the abstract from the three
persons separately considered, they have even four gods. The Talmud and the
Koran, he thinks, are right in opposing such nonsense and blasphemy” - ‘History of the Christian
Church’, vol VIII, hal 741-742.
Philip
Schaff: “Shortly after the
publication of the ‘Restitution,’ the fact was made known to the Roman Catholic
authorities at Lyons through Guillaume Trie, a native of Lyons and a convert
from Romanism, residing at that time in Geneva. He corresponded with a cousin
at Lyons, by the name of Arneys, a zealous Romanist, who tried to reconvert him
to his religion, and reproached the Church of Geneva with the want of
discipline. On the 26th of February, 1553, he wrote to Arneys that in Geneva
vice and blasphemy were punished, while in France a dangerous heretic was
tolerated, who deserved to be burned by Roman Catholics as well as Protestants,
who blasphemed the holy Trinity, called Jesus Christ an idol, and the baptism
of infants a diabolic invention. He gave his name as Michael Servetus, who
called himself at present Villeneuve, a practising physician at Vienne. In
confirmation he sent the first leaf of the ‘Restitution,’ and named the printer
Balthasar Arnoullet at Vienne. This letter, and two others of Trie which
followed, look very much as if they had been dictated or inspired by Calvin.
Servetus held him responsible. But Calvin denied the imputation as a calumny.
At the same time he speaks rather lightly of it, and thinks that it would not
have been dishonorable to denounce so dangerous a heretic to the proper
authorities. He also frankly acknowledges that he caused his arrest at Geneva.
He could see no material difference in principle between doing the same thing,
indirectly, at Vienne and, directly, at Geneva. He simply denies that he was
the originator of the papal trial and of the letter of Trie; but he does not
deny that he furnished material for evidence, which was quite well known and
publicly made use of in the trial where Servetus’s letters to Calvin are
mentioned as pieces justificatives. There can be no doubt that Trie, who
describes himself as a comparatively unlettered man, got his information about
Servetus and his book from Calvin, or his colleagues, either directly from
conversation, or from pulpit denunciations. We must acquit Calvin of direct
agency, but we cannot free him of indirect agency in this denunciation.
Calvin’s indirect agency, in the first, and his direct agency in the second
arrest of Servetus admit of no proper justification, and are due to an excess
of zeal for orthodoxy” - ‘History of the Christian Church’, vol
VIII, hal 757-759.
Philip
Schaff: “The final
responsibility of the condemnation, therefore, rests with the Council of
Geneva, which would probably have acted otherwise, if it had not been strongly
influenced by the judgment of the Swiss Churches and the government of Bern. Calvin
conducted the theological part of the examination of the trial, but had no
direct influence upon the result. His theory was that the Church may
convict and denounce the heretic theologically, but that his condemnation
and punishment is the exclusive function of the State, and that it is one
of its most sacred duties to punish attacks made on the Divine majesty. ‘From
the time Servetus was convicted of his heresy,’ says Calvin, ‘I have not
uttered a word about his punishment, as all honest men will bear witness; and I
challenge even the malignant to deny it if they can.’ One thing only
he did: he expressed the wish for a mitigation of his punishment. And this
humane sentiment is almost the only good thing that can be recorded to his
honor in this painful trial” - ‘History of the Christian
Church’, vol VIII, hal 767-768.
Philip
Schaff: “... the wish of Calvin to substitute the sword for the fire was
overruled” (= ... keinginan Calvin untuk menggantikan api dengan pedang
ditolak) - ‘History of the Christian
Church’, vol VIII, hal 781-782.
Philip
Schaff: “The severest charge
against him is blasphemy. Bullinger remarked to a Pole that if Satan himself
should come out of hell, he could use no more blasphemous language against the
Trinity than this Spaniard; and Peter Martyr, who was present, assented and said that such a
living son of the devil ought not to be tolerated anywhere. We cannot even now
read some of his sentences against the doctrine of the Trinity without a
shudder. Servetus lacked reverence and a decent regard for the most sacred feelings
and convictions of those who differed from him” - ‘History of the Christian Church’, vol
VIII, hal 781-788.
19) Kesan yang didapat adalah: ia
anggap dan nyatakan gerejanya sebagai ‘the only true church’, dan anjurkan
orang pindah ke gerejanya! Katolik, Kharismatik, Calvinist, tokoh-tokoh
reformasi (Martin Luther, Calvin, dsb), semua digempur.
Tanggapan
Budi Asali:
Saya
menganggap semua orang yang menganggap gerejanya sebagai ‘the only true
church’, sebagai orang-orang sesat. Saksi Yehuwa mempunyai pandangan seperti
itu, dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh juga mempunyai kepercayaan seperti
itu, dan itu saya anggap sebagai salah satu bukti kesesatan mereka.
Saya sering mengecam banyak pendeta dan gereja sebagai sesat, tetapi saya tidak pernah punya anggapan / pemikiran / kepercayaan bahwa gereja saya adalah ‘the only true church’!
-o0o-
Pembahasan yang menarik, hanya saja saya ga bisa baca semuanya karena mungkin ada masalah dengan tampilan blognya (khusus halaman ini).
BalasHapus