02 Mei 2009

Siapa yang bergumul dengan Yakub?

Tanya : Syalom Pak Esra, saya mohon penjelasan Kej 32:22- 32 tapi yg lebih saya ingin tahu tentang siapa laki-laki yang bergulat dengan Yakub dan mengapa ketika fajar akan menyingsing dia seperti takut kesiangan? Apa arti arti ayat 26? Trims Pak Esra.

Jawab : Memang ada banyak pendapat tentang siapa laki-laki yang bergumul dengan Yakub ini. Keil dan Delitzsch mengatakan bahwa orang tersebut adalah Kristus sebelum penjelmaan. R. Payne Smith berpendapat bahwa ini adalah seorang malaikat. Tetapi dari pernyataan Yakub di ayat 30 : "Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!" dan juga Hos 12:4 : “Di dalam kandungan ia menipu saudaranya, dan dalam kegagahannya ia bergumul dengan Allah” jelas menunjukkan bahwa laki-laki yang bergumul dengan Yakub itu adalah Allah sendiri. Mungkin ini memicu pertanyaan lain, kok bisa Allah kalah melawan Yakub? Kalau kita melihat ay 24b, di sana dikatakan bahwa Yakub bergumul dengan seseorang tetapiu dalam ay.25 orang itu tidak bisa mengalahkan Yakub, tetapi akhirnya ia memukul sendi Yakub sehingga terpelecok. Ini menunjukkan bahwa sebenarnya orang itu bukannya tidak bisa menang, tetapi tidak mau menang. Ini mengandung nilai rohani yang penting bagi orang Kristen yakni orang Kristen bisa menang hanya dengan terluka. Dalam Pulpit Commentary dikatakan : “Demikianlah Allah sering menyertai pengayaan rohani dengan kerugian yang bersifat materi dan sementara, untuk menunjukkan dengan jelas kedaulatan-Nya sendiri dan untuk menjaga agar orang suci-Nya tetap rendah hati”. (Bdk. 2Kor 4:16; 2Kor 12:7-10). Selanjutnya, kenapa orang itu sepertinya takut kesiangan? Editor dari Calvin’s Commentary berkata bahwa alasannya untuk mau pergi adalah : Allah tidak mau pergulatan itu disaksikan orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar anda dan jangan lupa mencantumkan nama dan kota.propinsi tempat anda berdomisili. Misalnya : Yutmen (Jogja)

Ada kesalahan di dalam gadget ini