02 Mei 2009

Apakah Yesus mempunyai saudara kandung?

Tanya : Pak Esra, apakah Yesus punya saudara kandung atau tiri ? Kalau punya, kenapa ibu Maria dititipkan pada Yohanes dan bukannya sama saudara-saudara-Nya Yesus? Kalau tidak, mengapa Injil menyebutkan “ibu dan saudara-saudara Yesus”, “Yakobus saudara Yesus”.

Jawab : Apakah Yesus punya saudara kandung? Di sini jawaban orang Protestan dan Katolik berbeda. Orang Katolik mengatakan bahwa Yesus tidak punya saudara kandung. Mereka percaya bahwa Maria adalah perawan abadi. Dengan kata lain, setelah kelahiran Yesus pun Yusuf, suami Maria, tetap tidak pernah berhubungan seks dengan Maria. Loraine Boettner dalam bukunya “Roman Catholicism” (hal 158) menulis : “Kata seorang penulis Roma Katolik tentang Perawan Maria: ‘Tidak bisa dibayangkan dengan sopan bahwa tempat yang paling kudus / suci yang sekali pernah dikuduskan menjadi suatu wadah dari Allah lalu setelah itu dinajiskan / dinodai dan dicemarkan oleh penggunaan manusia”. Tetapi orang Protestan percaya bahwa Yesus mempunyai saudara-saudara hasil hubungan Yusuf dan Maria. Dasarnya adalah di dalam Alkitab disebutkan bahwa Yesus mempunyai saudara-saudara (Mat 13:54-56 Kis 1:14). Selain itu dalam Luk 2:7 dikatakan : “dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. Jika Yesus tidak mempunyai saudara, mengapa ayat ini berkata bahwa Dia adalah anak Maria yang sulung? Tentu Yesus mempunyai adik-adik bukan? Lalu dalam Mat 1:24-25 dikatakan : “Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus”. Kalau dikatakan “tidak bersetubuh dengan dia SAMPAI ia melahirkan Yesus” berarti logikanya setelah melahirkan Yesus, Yusuf dan Maria bersetubuh dan hasilnya adalah saudara-saudara atau adik-adik Yesus. Jadi jelas bahwa Yesus mempunyai adik-adik. Pertanyaannya sekarang adalah mengapa dari atas salib Yesus justru menitipkan ibunya pada Yohanes dan bukan kepada saudara-saudaranya? Kita tidak tahu pasti tetapi kemungkinan besar adalah karena saudara-saudaranya masih tidak percaya kepada Dia (Yoh 7:5). Yesus mungkin lebih memilih ibunya tinggal bersama Yohanes, murid-Nya yang percaya kepada Dia daripada tinggal dengan adik-adik-Nya yang tidak percaya kepada Dia. (band. Mark 3:34-35).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar anda dan jangan lupa mencantumkan nama dan kota.propinsi tempat anda berdomisili. Misalnya : Yutmen (Jogja)

Ada kesalahan di dalam gadget ini