02 Mei 2009

Lot dan Abraham tega amat?



Tanya : Lot dan Abraham kok terkesan sepertinya tega menyerahkan orang-orang yang disayang. Contohnya anak-anak perempuan Lot yang mau diserahkan untuk warga laki-laki yang marah waktu ada dua malaikat dalam rumahnya dan Sara isteri Abraham yang diberikan kepada raja Firaun dan Abimelek menjadi isteri mereka demi nyawanya (Abraham). Bagaimana pandangan Pak Esra tentang hal tersebut?

Jawab : Ya, benar demikian! Tapi harus diingat bahwa apa yang dilakukan oleh Lot dan Abraham adalah sebuah kesalahan yang tidak perlu ditiru. Dengan menawarkan anak-anak perempuannya sebagai ganti dua malaikat itu membuktikan bahwa moralitas Lot sudah terkontaminasi dengan kebejadan Sodom. Demikian pula kedua anak perempuan Lot pun telah menjadi bejad di mana mereka dengan sengaja berhubungan seks dengan ayahnya sendiri sampai mereka hamil (Kej 19:30-36). Mungkin kebejadan ini sebagai akibat bertunangannya mereka dengan laki-laki Sodom (Kej 19:14). Bahwa mereka bisa berhubungan seks dengan ayahnya sendiri membuktikan bahwa Lot adalah seorang pemabuk. Kalau tidak, kedua anak itu tidak mungkin bisa mempunyai gagasan seperti itu. Jadi yang dilakukan Lot adalah kesalahan. Demikian juga tindakan Abraham yang menyuruh Sara mengaku bahwa ia adalah saudaranya adalah tindakan tidak beriman di mana ia tidak percaya bahwa Allah sanggup melindungi dia. Jadi itu juga adalah tindakan yang salah yang tidak perlu dicontohi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar anda dan jangan lupa mencantumkan nama dan kota.propinsi tempat anda berdomisili. Misalnya : Yutmen (Jogja)

Ada kesalahan di dalam gadget ini