09 Juni 2013

DARI MANA SEBENARNYA ABRAHAM BERASAL?

By. Pdt. Esra Alfred Soru, STh, MPdK.




Pertanyaan : Sebenarnya darimana asal usul Abraham dan bagai-mana latar belakang kehidupannya sebelum dipanggil oleh Tuhan dan lalu menjadi nenek moyang bangsa Israel?

Jawab : 

Sejarah bangsa Israel boleh dikatakan dimulai dari Abraham (se-kitar tahun 2000 SM. Ada ahli yang memperkirakan bahwa Abraham lahir sekitar tahun 2165 SM). Itulah sebabnya orang Israel menganggap Abraham sebagai bapa mereka.

Rom 4:1 - Jadi apakah akan kita katakan tentang Abraham, bapa leluhur jasmani kita?

Rom 4:12 – “…yaitu mereka yang bukan hanya bersunat, tetapi juga mengikuti jejak iman Abraham, bapa leluhur kita, pada masa ia belum disunat.

Tapi dari mana Abraham ini muncul? Kita tahu bahwa semua manusia sudah dibasmi dengan air bah dan generasi manusia setelah itu hanya muncul dari anak-anak Nuh. Lalu dari mana Abraham? Abraham adalah keturunan dari Sem.

Kej 11: (10) - Inilah keturunan Sem….ia memperanakkan Arpakh-sad, …(12) “…Arpakhsad…memperanakkan Selah. (14) Selah… memperanakkan Eber…(16) … Eber… memperanakkan Peleg. (18) …Peleg…memperanakkan Rehu (20) …Rehu memperanakkan Serug. (22) …Serug …memperanakkan Nahor. (24) …Nahor… memperanak-kan Terah. (26) …Terah… memperanakkan Abram, Nahor dan Haran.

Perhatikan bahwa ada nama “EBER” di sana. Para ahli menduga bahwa dari nama “EBER” inilah muncul kata “IBRANI”.

Kej 10:21 - Lahirlah juga anak-anak bagi Sem, bapa semua anak Eber serta abang Yafet

Note : Semua anak Eber adalah orang Ibrani.

Dari manakah asalnya Abraham? Alkitab berkata bahwa ia berasal dari Ur Kasdim.

Kej 15:7 - Lagi firman TUHAN kepadanya: "Akulah TUHAN, yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim untuk memberikan ne-geri ini kepadamu menjadi milikmu."

Neh 9:7 - Engkaulah TUHAN, Allah yang telah memilih Abram dan membawanya keluar dari Ur-Kasdim dan memberikan kepadanya nama Abraham.

Lalu di mana Ur-Kasdim itu? Ur-Kasdim adalah nama suatu wilayah di Mesopotamia.

Kej 11:31 - Lalu Terah membawa Abram, anaknya, serta cucunya, Lot, yaitu anak Haran, dan Sarai, menantunya, isteri Abram, anak-nya; ia berangkat bersama-sama dengan mereka dari Ur-Kasdim untuk pergi ke tanah Kanaan, lalu sampailah mereka ke Haran, dan menetap di sana.

Note : Jadi sebelum tinggal di Haran, Abraham tinggal di Ur-Kasdim.

Kis 7:2 - Jawab Stefanus: "Hai saudara-saudara dan bapa-bapa, dengarkanlah! Allah yang Mahamulia telah menampakkan diri-Nya kepada bapa leluhur kita Abraham, ketika ia masih di Mesopota-mia, sebelum ia menetap di Haran.

Jadi Ur-Kasdim itu ada di Mesopotamia. Lalu Mesopotamia itu di mana lagi?

Selanjutnya....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar anda dan jangan lupa mencantumkan nama dan kota.propinsi tempat anda berdomisili. Misalnya : Yutmen (Jogja)

Ada kesalahan di dalam gadget ini