17 Juni 2013

FILADELFIA : JEMAAT YANG SETIA (Part 3)



By. Pdt. Esra Alfred Soru, STh, MPdK.


Wah 3:7-13 – (7) "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. (8) Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku. (9) Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau. (10) Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi. (11) Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu. (12) Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru. (13) Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

K
ita sudah mempelajari teks tentang jemaat Filadelfia ini dalam 4 point besar yakni :  Kota dan Jemaat Filadelfia, Gelar Kristus Sang Pemberi Surat, Pujian Kristus Bagi Jemaat Filadelfia dan Tindakan Kristus Bagi Jemaat Filadelfia. Dan sekarang kita akan membahas point yang terakhir.

V. JANJI KRISTUS KEPADA JEMAAT FILADELFIA.

Di bagian akhir dari Surat ini Kristus memberikan sejumlah janji kepada jemaat Filadelfia yang menang / setia sampai akhir.

Wah 3:12 – Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru.

Dari ayat ini terlihat adanya 3 janji kepada jemaat Filadelfia.

a.      Mereka akan dijadikan sokoguru dalam Bait Suci.

Wah 3:12a – Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ;…”

Di sini Tuhan menjanjikan bahwa orang-orang yang menang akan dijadikan “sokoguru”. Kata “sokoguru” ini juga dipakai dalam Gal 2:9 di mana Yakobus, Petrus dan Yohanes disebut sebagai “sokoguru” jemaat.

Gal 2:9 - Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku…”

Lalu ”sokoguru” itu sendiri sebenarnya apa? “Sokoguru” itu sebenarnya adalah tiang penopang / pilar dari sebuah bangunan. Perhatikan Wah 3:12a ini dalam terjemahan yang lain :

KJV - Him that overcometh will I make a pillar in the temple of my God, and he shall go no more out:….”

BIS – Orang yang menang, akan Kujadi-kan sebagai tiang dalam Rumah Suci Allah-Ku, dan ia akan tinggal di tempat itu selama-lamanya….”

KSI - Orang yang menang akan Kujadi-kan tonggak dalam Bait Suci Tuhan-Ku, dan sekali-kali ia tidak akan keluar lagi dari situ. ….”                                                                       

Bandingkan :

1 Tim 3:15 - Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.

Catatan : Kata “tiang penopang” di sini di dalam KJV juga menggunakan kata “pillar” yang juga dipakai untuk “sokoguru”.


Kalau “sokoguru” artinya tiang penopang, maka di sini orang-orang yang menang dijanjikan untuk menjadi “sokoguru” dalam Bait Suci. Artinya mereka akan menjadi tiang yang menopang Bait Suci. Tetapi apa yang dimaksudkan dengan Bait Suci di sini? Apakah ini menunjuk pada Bait Suci orang Israel di bumi ini? 

Selanjutnya....


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar anda dan jangan lupa mencantumkan nama dan kota.propinsi tempat anda berdomisili. Misalnya : Yutmen (Jogja)

Ada kesalahan di dalam gadget ini