09 Juni 2013

FILADELFIA : JEMAAT YANG SETIA (Part 2)

By. Pdt. Esra Alfred Soru, STh, MPdK.




Wah 3:7-13 – (7) "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. (8) Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku. (9) Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau. (10) Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi. (11) Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu. (12) Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru. (13) Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."


P
ada bagian pertama dari pembahasan tentang Jemaat Filadelfia ini, (minggu lalu) kita sudah membahas 3 point tentang jemaat Filadelfia ini. Berikut ini adalah poin-poin yang sudah kita bahas.

I.        KOTA DAN JEMAAT FILADELFIA.
II.      GELAR KRISTUS SANG PEMBERI SIRAT.

  1. Yang Kudus, Yang Benar.
  2. Yang memegang kunci Daud
III.     PUJIAN KRISTUS BAGI JEMAAT FILADELFIA.

  1. Mereka dipuji karena menuruti firman Tuhan.
  2. Mereka dipuji karena tidak menyangkal nama Tuhan.

Sekarang kita akan melanjutkan sejumlah point lagi terkait dengan teks kita.

IV.   TINDAKAN TUHAN BAGI JEMAAT FILADELFIA.

Karena jemaat Filadelfia adalah jemaat yang setia sebagaimana dibahas dalam point III, maka Tuhan berjanji untuk melakukan sejumlah tindakan bagi mereka. Apa saja tindakan yang akan Tuhan lakukan bagi mereka?

a.      Tindakan Tuhan berkaitan dengan orang Yahudi.

Dalam bagian sebelumnya sudah dijelaskan bahwa jemaat Filadelfia mengalami sejumlah penderitaan dari orang-orang Yahudi. Orang-orang Yahudi ini begitu jahat sampai Tuhan menyebut mereka sebagai jemaah Iblis (the synagogue of Satan). Nah, Tuhan lalu berjanji untuk melakukan sesuatu bagi jemaat Filadelfia ini sehubungan dengan orang-orang Yahudi ini.

Wah 3:9 - Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau.

Jadi Tuhan akan menyerahkan orang-orang Yahudi ini kepada jemaat Filadelfia. Tuhan akan menyuruh orang-orang Yahudi tersungkur di hadapan jemaat Filadelfia dan mengaku bahwa Tuhan mengasihi jemaat Filadelfia.

Apa artinya semua ini? Ada yang menafsirkan bahwa ini tidak berarti orang-orang Yahudi itu akan menyembah jemaat Filadelfia, tetapi bahwa orang-orang Filadelfia itu akan bertakhta bersama Kristus, di depan siapa setiap lutut akan bertelut (Fil 2:10). Jadi ini merupakan suatu nubuat yang baru akan digenapi pada akhir zaman. Tetapi rasanya ini kurang tepat karena ayat 9 ini kelihatannya menunjuk pada hidup sekarang ini, bukan pada akhir zaman / kedatangan Yesus yang kedua kalinya.

         Kalau begitu apa artinya kalimat tersebut?

Selanjutnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda dan jangan lupa mencantumkan nama dan kota.propinsi tempat anda berdomisili. Misalnya : Yutmen (Jogja)