28 April 2013

SARDIS : JEMAAT YANG HAMPIR MATI (Part 3)


By. Pdt. Esra Alfred Soru, STh, MPdK.


Wah 3:1-6 – (1) "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati! (2) Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satu pun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku. (3) Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu. (4) Tetapi di Sardis ada beberapa orang yang tidak mencemarkan pakaiannya; mereka akan berjalan dengan Aku dalam pakaian putih, karena mereka adalah layak untuk itu. (5) Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya. (6) Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."


K
ita akan melanjutkan pembahasan kita tentang jemaat Sardis tetapi sebelumnya mari kita ingat kembali kronologi / sistematika pembahasan kita tentang jemaat Sardis :


Dengan demikian sekarang kita akan melanjutkan pembahasan kita pada point yang ke IV.

***********

IV.   NASIHAT TUHAN BAGI JEMAAT SARDIS.

Seperti jemaat-jemaat lain yang mendapatkan kritik dari Tuhan, jemaat Sardis pun mendapatkan nasihat dari Tuhan selaku Kepala Gereja setelah dikritik. Ini menarik! Ada orang yang sukanya hanya mengkritik tetapi tidak mau menasihati / mem-berikan jalan keluar pada orang yang dikritik. Tetapi Tuhan tidak demikian. Dia mengkritik dengan keras tetapi selalu memberikan nasihat / jalan keluar menyusul kritikan-Nya.

Nasihat Tuhan kepada jemaat Sardis ini nampak dalam ayat 2-3 :

Wah 3:2-3 - (2) Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satu pun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku. (3) Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.

Dari nasihat Tuhan ini, ada 3 kata/kalimat penting yang muncul di sana yang adalah perintah dari Tuhan kepada jemaat Sardis ini.

Selanjutnya…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda dan jangan lupa mencantumkan nama dan kota.propinsi tempat anda berdomisili. Misalnya : Yutmen (Jogja)